Artikel

Rapat BIMP-EAGA ke-12

admin Artikel

Turut hadir mewakili Kepala DPMPTSP Kaltara, Risdianto, S.Pi, M.Si dalam acara Rapat Koordinasi Persiapan Strategic Planning Meeting (SPM) 2020 BIMP-EAGA di Kementerian Koordinator Perekonomian RI Jakarta, Senin (10/2).

Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Philipine East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) merupakan program kerjasama peningkatan ekonomi di 4 Negara tersebut. Di Indonesia hanya 15 Provinsi dari 4 Pulau besar yakin, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Ada 5 komodity andalan yang masuk dalam program Agribisnis BIMP-EAGA yang meliputi, Beras, Rumput Laut, Kelapa, Udang, dan Sapi. Merujuk pada komoditi tersebut, maka Kaltara memiliki 3 komoditi unggul yaitu, Beras Adan, Rumput Laut, dan Udang.

Oleh karenanya, kami mengusulkan agar ketiga komoditi tersebut bisa menjadi bahan pengembangan dan promosi oleh working group berdasarkan clusternya oleh seluruh anggota BIMP-EAGA nantinya pada kegiatan SPM di Philipina pada tanggal 25 February 2020.

Usulan ini ditanggapi langsung Kemenko Perekonomian RI dan dilakukan pembahasan internal dengan kementerian terkait yaitu Kementerian Pertanian RI dan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. InshaAllah pihak Kementerian akan turun langsung untuk melihat kondisinya ke Kaltara dalam waktu dekat.

Pada kesempatan ini juga kami menyampaikan 11 program prioritas di Kaltara, khususnya terkait program Food and Rice Estate, Pembangunan KIPI Tanah Kuning-Mangkupadi, Hydro Power Plant (PLTA).

Pihak Kemenko Perekonomian RI juga mengingatkan bahwa melalui program BIMP-EAGA ada banyak sumber pendanaan untuk project di daerah, oleh karenanya daerah harus aktif mengejarnya dengan menyusun project. Malaysia sudah menggunakan fasilitas tersebut untuk 3 projectnya, sementara Indonesia belum ada yang terealisasi.

Banyak hal yang disampaikan, semoga ini menjadi perhatian serius dari pusat agar produk agribisnis Kaltara mampu berdaya saing ditingkat internasional, sehngga berdampak bagi kesejahteraan masyarakat. Mengingat posisi Kaltara yang berbatasan langsung dengan Malaysia, Brunei Darussalam, dan Philipina.

DPMPTSP Kaltara

Pelayanan DPMPTSP Provinsi Kalimantan Utara

  • Senin - Kamis :
  • Jum'at :
  • Sabtu - Minggu :
Publikasi
Comments
Lokasi
  • Alamat Kantor

    Jalan Rambutan
    Gedung Gabungan Dinas II (Lantai 1) Tanjung Selor, Provinsi Kalimantan Utara

  • Telepon Kantor / HP

    (0552)2029748 / (+62)85245809820

  • Email

    dpmptsp.provkaltara@gmail.com

Visitor
Copyright © 2018 Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kalimantan Utara