Artikel

Bupati Murung Raya Kunjungi Malinau

admin Artikel

MALINAU – Dalam studi banding yang dilakukan oleh Bupati Murung Raya, Drs Perdie M Yoseph, MA mengaku bahwa Desa Pulau Sapi Kecamatan Mentarang ini memiliki atmosfir yang bagus. “Apalagi kearifan lokal dan kegotong royongan yang dibangun selama ini tentu bukan lagi menjadi sebuah desa yang potensial tetapi bisa menjadi pilot project secara Nasional,” ujarnya, Selasa (4/2). Bertempat di Balai Adat Desa Wisata Pulau Sapi.

Dia pun melihat dari kerjasama yang dibangun antara Pemerintah Desa, Kecamatan hingga masyarakat adat dan pemerintah Kabupaten Malinau sangat bersinergi. “Jadi memang sangat luar biasa dan salut. Karena di dalam membangun desa ada ketulusan serta performance yang tergambar dari masyarakatnya,” ungkapnya

Lebih jauh dikatakannya, studi banding yang dilakukan ke Desa Wisata Pulau Sapi tidak terlepas dari visi misi yang dijalani selama dua periode ini. Terutama di periode 2018-2023, yang di point ke lima yaitu peningkatan pariwisata.

“Kenapa kesini karena sama yaitu meningkatkan objek wisata alam dan budaya. Artinya satu paket saja,” katanya. Sepulang dari studi banding ini, kata Perdie, desa-desa yang juga telah ditetapkan menjadi desa wisata bisa mencontohi dari Desa Wisata Pulau Sapi ini.

“Memang desa-desa yang kami SK-kan itu belum sampai ke level Desa Wisata Pulau Sapi ini. Makanya, kami ke sini studi banding, apalagi kearifan lokal yang ada sama,” jelasnya. Hal yang dapat dipetik, diakuinya, desa wisata pulau sapi ini memiliki komitmen dan gotong royong yang kuat serta secara konsisten dalam mengimplementasikan program-program pemerintah daerah.

“Tentu kami juga memberikan apresiasi dan jempol kepada kepala desa sebagai ibukota kecamatan Mentarang. Tentu ini juga tidak terlepas dari peran Pak Yansen selaku Bupati dan Ibu Ping selaku ketua PKK,” ungkapnya.

Dengan demikian, Dia berharap untuk tetap mempertahankan keramah tamahan masyarakat yang ada di desa wisata pulau sapi ini. Karena, itu sudah menjadi ciri khas bagi masyarakat desa.
“Saya pun optimis mungkin ke depan bukan hanya desa wisata pulau sapi yang berkembang tapi desa-desa lainnya juga,” jelasnya.

Dia pun memberikan saran kepada pemerintah desa pulau sapi agar dapat memberdayakan generasi muda yang mampu memperkenalkan desanya. “Artinya kirimkan anak-anak muda untuk sekolah atau berlatih berbahasa inggris. sehingga, ketika wisatawan asing datang bisa mendampingi. Usahakan anak-anak lokal yang dikirim karena mereka yang mengetahui seluk beluk kearifan lokal,” pungkasnya

DPMPTSP Kaltara

Pelayanan DPMPTSP Provinsi Kalimantan Utara

  • Senin - Kamis :
  • Jum'at :
  • Sabtu - Minggu :
Publikasi
Comments
Lokasi
  • Alamat Kantor

    Jalan Rambutan
    Gedung Gabungan Dinas II (Lantai 1) Tanjung Selor, Provinsi Kalimantan Utara

  • Telepon Kantor / HP

    (0552)2029748 / (+62)85245809820

  • Email

    dpmptsp.provkaltara@gmail.com

Visitor
Copyright © 2018 Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kalimantan Utara