Tanjung Selor – Gubernur Dr H Irianto Lambrie dengan didampingi beberapa pimpinan OPD terkait, mengikuti acara Peluncuran Laporan Tahunan Ombudsman RI Tahun 2020 yang digelar secara virtual, Senin (08/02/2021)
Acara tahunan kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena masih dalam masa pandemi covid-19, kegiatan ini tidak dilakukan secara pertemuan langsung. Tak hanya itu, kegiatan juga dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat.
Peluncuran laporan tahunan Ombudsman kali ini mengangkat tema; “Mengawal pelayanan publik di masa pandemi covid-19”.
Ada beberapa arahan penting yang disampaikan Bapak Presiden Jokowi dalam acara tadi.
Bapak Presiden menekankan tentang tugas besar, melakukan perubahan dalam moda pelayanan publik di Indonesia. Termasuk di lingkup Pemerintah Daerah, tak terkecuali di Kaltara.
Pelayanan publik, adalah wajah konkrit kehadiran negara dalam kehidupan maayarakat sehari-hari.
Negara disebutkan hadir, jika mampu menyelenggarakan pelayanan publik yang prima, cepat, profesional dan berkeadilan.
Untuk mewujudkan pelayanan publik yang prima, seperti disampaikan bapak Presiden, dibutuhkan ikhtiar yang berkelanjutan, memerlukan transformasi sistem, tata kelola, serta perubahan mindset dan budaya kerja birokrasi. Dari budaya senang dilayani, menjadi senang melayani.
Bapak Presiden menyebutkan adanya tugas besar pemerintah, yaitu mengubah moda pelayanan yang selama ini dalam birokrasi sering terjebak dengan prosedural dan administratif, menjadi pelayanan publik yang menekankan pada kecepatan, inovatif yang berorientasi pada hasil.
Berkaitan dengan pelayanan publik, kita di Kaltara, utamanya di lingkup Pemprov telah berusaha maksimal untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Berbagai terobosan dan inovasi kita lakukan untuk mewujudkan pelayanan publik yang baik dan maksimal.