Artikel

Pemkab Bulungan Sukses Kembangkan Jagung melalui Family Farming di Desa Mara Hilir

admin Artikel

Plt Bupati Bulungan, Ingkong Ala, SE, M.Si menyampaikan selamat atas panen raya pertanian keluarga (family farming) di Desa Mara Hilir, Kecamatan Tanjung Palas Barat pada Selasa (29/12). Panen meliputi areal seluas 3 Hektare terdiri jagung pakan, jagung manis, terong dan kacang panjang.

“Terima kasih kepada kelompok tani Tanjung Makmur Desa Mara Hilir dan segenap unsur masyarakat yang telah melaksanakan dengan baik amanah dari pemerintah pusat,” ucap Ingkong Ala. Untuk diketahui, Family Farming merupakan program Kementerian Pertanian RI melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Utara serta Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bulungan. Program Family Farming di Desa Mara Hilir, Kecamatan Tanjung Palas Barat, Kabupaten Bulungan termasuk bantuan dari APBN tahun 2020.

Dijelaskan, program Family Farming sangat positif di mana semua anggota keluarga dapat berkontribusi menjaga ketahanan pangannya. Yaitu dengan memanfaatkan sejengkal lahan di sekitarnya untuk bercocok tanam. Baik berupa tanaman pangan, hortikultura, ternak, pengomposan sampah, tanaman hias dan sebagainya. Diharapkan hal tersebut dapat memenuhi sebagian kebutuhan pangan keluarga, bahkan lebih baik lagi jika dapat memenuhi semua kebutuhan pangan.

“Sehingga tidak terjadi kerawanan atau kekurangan pangan bagi suatu keluarga,” tandasnya. Dilanjutkan, di tengah situasi sulit akibat pandemi Covid-19 berupa ancaman kesehatan, menurunnya perekonomian serta melemahnya daya beli, masyarakat Mara Hilir patut bersyukur masih diberi kekuatan dan kesehatan dari Tuhan, masih dapat memperingati Natal bahkan merayakan panen.

DPMPTSP Kaltara

Pelayanan DPMPTSP Provinsi Kalimantan Utara

  • Senin - Kamis :
  • Jum'at :
  • Sabtu - Minggu :
Publikasi
Comments
Lokasi
  • Alamat Kantor

    Jalan Rambutan
    Gedung Gabungan Dinas II (Lantai 1) Tanjung Selor, Provinsi Kalimantan Utara

  • Telepon Kantor / HP

    (0552)2029748 / (+62)85245809820

  • Email

    dpmptsp.provkaltara@gmail.com

Visitor
Copyright © 2018 Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kalimantan Utara