Artikel

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalimantan Utara bersama staf bertemu dengan Staf Khusus Wakil Menteri Perdagangan RI, Bpk. Isto Widodo

admin Artikel

Senin 28 September 2020 bertempat di Ruang Rapat Wakil Menteri Perdagangan RI pukul 10.00 -11.00 WIB saya selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalimantan Utara bersama staf bertemu dengan Staf Khusus Wakil Menteri Perdagangan RI, Bpk. Isto Widodo. Seyogyanya pertemuan tersebut dihadiri langsung oleh Bpk. Wamen, namun karena sedang berhalangan maka diwakili oleh Staf Khusus beliau.

Ada beberapa hal yang menjadi perhatian khusus dalam pertemuan tersebut antara lain :

Pertama, terkait sektor pertanian khususnya dalam pengembangan potensi komoditas Jagung di Kaltara. Saya menyampaikan bahwa di Kaltara saat ini telah menyiapkan kawasan Food and Rice Estate di tiga kabupaten yaitu Bulungan, Malinau dan Nunukan. Dengan komoditas utama yaitu, Padi, Cabai, Bawang dan Jagung. Dari keempat komoditas tersebut, saat ini Jagung yang sangat berpotensi untuk dikembangkan mengingat proses tanam yang mudah, didukung oleh kondisi lahan dan juga memiliki market yang besar, baik ditingkat Nasional maupun Internasional. Negara tetangga misalnya, seperti Malaysia saat ini masih membutuhkan impor Jagung sekitar 3 juta ton pertahun. Kemudian Filipina juga masih membutuhkan impor 1 juta ton pertahun.

Hal ini mendapat respon yang baik dari pihak Wamen yaitu dengan akan difasilitasi ke pihak investor untuk mengembangkan potensi Jagung di Kaltara. “sementara sudah ada dua investor yang sangat tertarik untuk investasi jagung, nanti akan kami arahkan ke Kaltara,” ujar Isto.

Kedua, saya juga menyampaikan potensi besar di sektor perikanan dan kelautan seperti pengembangan budidaya kepiting bakau. Saat ini sudah ada koperasi nelayan yang sudah mengembangkan Hatchery kepiting bakau di Kaltara. Tentu ini perlu mendapat dukungan pusat dan daerah. Salah satunya terkait perbaikan regulasi eksport kepiting, lobster dan lainnya.

Merespon hal tersebut, Bpk. Isto berjanji akan menyampaikan pada Bpk. Menteri dan Wamen untuk bisa didukung kegiatan eksport kepiting di Indonesia, khususnya Kaltara.

Selanjutnya Bpk. Isto setelah berkoordinasi dengan Bpk. Wamen, maka pihaknya berencana akan melakukan kunjungan kerja di Kaltara pada 23-24 Oktober 2020 mendatang.

DPMPTSP Kaltara

Pelayanan DPMPTSP Provinsi Kalimantan Utara

  • Senin - Kamis :
  • Jum'at :
  • Sabtu - Minggu :
Publikasi
Comments
Lokasi
  • Alamat Kantor

    Jalan Rambutan
    Gedung Gabungan Dinas II (Lantai 1) Tanjung Selor, Provinsi Kalimantan Utara

  • Telepon Kantor / HP

    (0552)2029748 / (+62)85245809820

  • Email

    dpmptsp.provkaltara@gmail.com

Visitor
Copyright © 2018 Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kalimantan Utara