Artikel

Perlunya Pengembangan Industri Olahan Hasil Laut di Daerah Mangkupadi, Tanah Kuning

admin Artikel

Ada beberapa potensi unggulan daerah kabupaten Bulungan, khususnya di kecamatan Tanjung Palas Timur. Sebagai daerah pesisir tentu memiliki potensi yang besar di sektor perikanan, namun dari sisi darat ternyata Tanjung Palas Timur juga menyimpan potensi yang sangat besar di sektor pertanian, peternakan dan perkebunan.

Untuk sektor perikanan perlu menjadi perhatian, khususnya dalam mengembangkan industri olahan hasil laut agar berdaya saing tinggi. Hasil laut masyarakat perlu didorong untuk diolah melalui industri, minimal industri rumahan dulu.

Demikian juga dari sisi pertanian dan perkebunan yang perlu dikembangkan pada komoditas tertentu seperti merica, jagung dan kopi. Serta tanaman holtikultura lainnya.

Kami juga melihat langsung hasil pembibitan holtikultura oleh kelompok tani wanita mandiri (KWTM). Ada banyak jenis sayur-sayuran yang ditanam, mulai dari tomat, lombok, terong, kacang panjang dll.

Program ini dilaksanakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Utara sejak Mei 2020 lalu dengan bantuan dana sekitar Rp.75 juta.

Program ini berdampak baik bagi masyarakat sekitar karena semua anggota KWTM sudah menanam menggunakan pekarangan rumah masing dan hasilnya luar biasa. Mereka bisa menggunakan hasil tanam untuk kebutuhan rumah tangga sendiri, bahkan bisa dijual ke warga lain disekitar.

Saran: perlu didorong industrialisasi produk hasil laut dan perlu dikembangkan tanaman komoditas seperti merica, jagung, kelapa dan kopi karena memiliki nilai pasar yang besar, baik dari sisi permintaan maupun harga.

DPMPTSP Kaltara

Pelayanan DPMPTSP Provinsi Kalimantan Utara

  • Senin - Kamis :
  • Jum'at :
  • Sabtu - Minggu :
Publikasi
Comments
Lokasi
  • Alamat Kantor

    Jalan Rambutan
    Gedung Gabungan Dinas II (Lantai 1) Tanjung Selor, Provinsi Kalimantan Utara

  • Telepon Kantor / HP

    (0552)2029748 / (+62)85245809820

  • Email

    dpmptsp.provkaltara@gmail.com

Visitor
Copyright © 2018 Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kalimantan Utara