Artikel

Meski Ditengah Pandemi Covid-19, Investor Terus Melirik Kaltara

admin Artikel

Hari ini, Selasa 21/07/20 bertempat di ruang rapat Kepala DPMPTSP Kaltara menerima kunjungan Staf Ahli Kemenko Bidang Maritim dan Investasi, Baja Sirait beserta Manager of Green Energy Fortescue Metals Group (FMG), Mr. Cameron Smith dalam rangka persiapan rencana investasi dibidang hydropower dan green energy di Kalimantan Utara.

Pada pertemuan itu, Selain Plt. Kepala DPMPTSP, Faisal Syabaruddin beserta jajaran juga turut hadir Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, Freddy M Tanduklangi beserta staf.

Dikatakan Mr. Cameron Smith bahwa pihaknya memiliki rencana investasi dibidang hydropower dan green energy di Indonesia. Untuk saat ini FMG telah melakukan survey di dua tempat yaitu di Provinsi Kalimantan Utara dan Papua.

Cameron menjelaskan pihak FMG berencana untuk berinvestasi dengan kapasitas 60.000 MW di Indonesia dan untuk investasi ini akan dilakukan mulai dari hulu hingga hilirnya. “kami dalam berinvestasi tidak secara partial, namun secara keseluruhan, mulai dari power, industri, train line, transportasi, pelabuhan (port) hingga marketnya,” ungkap Cameron.

Ia menegaskan, FMG sangat serius untuk berinvestasi pada hydropower dan green energy ini, karena ini sangat baik bagi lingkungan dan masa depan anak cucu kita kedepan. Kalimantan Utara sangat potensial untuk dikembangkan secara keseluruhan mulai dari energi, transportasi, industri hingga pelabuhannya, tambahnya.

Ia sangat berharap bisa bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam mengembangan green energy. “kami sudah siap secara funding dan didukung oleh para tenaga ahli (expertise),” tuntasnya.

Sementara itu, Plt. Kepala DPMPTSP Kaltara, Faisal Syabaruddin mengatakan pada prinsipnya kita sangat terbuka untuk investasi, apalagi Kaltara memiliki potensi yang sangat besar untuk pengembangan green energy. “saya berharap pihak FMG agar segera bersurat secara resmi ke Gubernur untuk dapat membahas lebih detail dan juga bisa melakukan pengkajian awal terhadap potensi yang ada,” tuturnya.

Untuk diketahui, saat ini sudah ada beberapa perusahaan yang telah mengurus ijin dibidang yang sama (hydropower and green energy), namun kalau dilihat masih ada peluang juga untuk FMG. “Nanti kami laporkan ke bapak Gubernur dulu” tutupnya.

DPMPTSP Kaltara

Pelayanan DPMPTSP Provinsi Kalimantan Utara

  • Senin - Kamis :
  • Jum'at :
  • Sabtu - Minggu :
Publikasi
Comments
Lokasi
  • Alamat Kantor

    Jalan Rambutan
    Gedung Gabungan Dinas II (Lantai 1) Tanjung Selor, Provinsi Kalimantan Utara

  • Telepon Kantor / HP

    (0552)2029748 / (+62)85245809820

  • Email

    dpmptsp.provkaltara@gmail.com

Visitor
Copyright © 2018 Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kalimantan Utara