Artikel

INOVASI KOTAKU: Jemur Rumput Laut Gunakan Teknologi DOM Blower

admin Artikel

NUNUKAN – Inovasi Kelautan dan Perikanan
Salah satu demplot (Percontohan) sarana dan prasarana budidaya Rumput Laut dengan inovasi pengembangan Lantai Jemur Rumput Laut menggunakan teknologi atau Sistem DOM Blower.

Sarana lantai jemur ini di lengkapi dengan penutup Dom (Atap UltraViolet) untuk membantu cahaya matahari dalam mengeringkan rumput laut dengan cepat dan dilengkapi dengan 2-4 unit blower untuk mengatur pemerataan suhu panas sehingga kekeringan rumput laut bisa secara merata.

Inovasi sarana penjemuran rumput laut ini mampu mengefisienkan waktu yg di gunakan dalam proses penjemuran dan meningkatkan kualitas mutu rumput laut kering, yang awalnya proses penjemuran rumput laut biasanya menggunakan waktu 2-3 hari atau 36 Jam (Cuaca Baik) dengan kekeringan 38-40, kini dg mengggunakan lantai jemur dengan Sy-DOM Blower hanya membutuhkan waktu 16-18 Jam (Cuaca Baik) dengan kekeringan 34-36 (Mutu ekspor).

Inovasi ini dikembangkan dan pembangunannya dilaksanakan oleh Kementerian PUPR melalui program KOTAKU dan akan terus dikembangkan di seluruh wilayah kab. Nunukan daerah sebaran pendampingan KOTAKU.

Selanjutnya diharapkan OPD teknis dapat mengembangkan inovasi ini melalui program pengembangan sarana dan prasarana bidang Budidaya kelautan dan perikanan.

Berinovasi lebih baik, untuk peningkatan Mutu Produk ekspor rumput laut ke manca negara

DPMPTSP Kaltara

Pelayanan DPMPTSP Provinsi Kalimantan Utara

  • Senin - Kamis :
  • Jum'at :
  • Sabtu - Minggu :
Publikasi
Comments
Lokasi
  • Alamat Kantor

    Jalan Rambutan
    Gedung Gabungan Dinas II (Lantai 1) Tanjung Selor, Provinsi Kalimantan Utara

  • Telepon Kantor / HP

    (0552)2029748 / (+62)85245809820

  • Email

    dpmptsp.provkaltara@gmail.com

Visitor
Copyright © 2018 Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kalimantan Utara