Artikel

Irianto Gambarkan Kondisi Ekonomi Kaltara Dihadapan Gubernur BI

admin Artikel

TARAKAN – Gubernur Kalimantan Utara, H Irianto Lambrie menghadiri acara pengukuhan Kepala Perwakilan (KPw) BI Provinsi Kaltara, Bapak Yufrizal oleh Gubernur BI. Bapak Perry Warjiyo di ruang pertemuan KPw BI Provinsi Kaltara, Kota Tarakan, Jumat siang (14/2).

Gubernur Irianto mengucapkan  selamat atas nama Pemerintah Provinsi Kaltara, “kami mengucapkan selamat kepada Pak Yufrizal yang telah dikukuhkan sebagai KPw Provinsi Kaltara,” ucapnya.

Dia juga menyampaikan terima kasih atas kerjasama dan kemitraan yang baik selama ini yang dibina oleh Pak Hendik Sudaryanto, pejabat KPw BI Kaltara sebelumnya (pejabat KPw pertama).

Dijelaskan Irianto, bahwa Kaltara merupakan daerah dengan kapasitas fiskal sangat rendah. Mulai tahun ini, kapasitas fiskal akan ditingkatkan, utamanya PAD hingga Rp 684 miliar.

Selanjutnya, secara geografis, Kaltara memiliki luas wilayah yang lebih dari beberapa pulau utama di Indonesia. Namun jumlah penduduknya masih dibawah 1 juta. Catatan terakhir, jumlah penduduk Kaltara sesuai pemegang e-KTP yang terdata oleh Kemendagri, sekitar 600 ribu jiwa. Namun, berdasarkan data BPS RI, mencapai 700 ribu jiwa.

Dengan kondisi ini, tentunya banyak permasalahan perekonomian yang terjadi. Salah satunya, tekanan inflasi. Di mana, sektor utama yang menyebabkan inflasi di Kaltara, adalah sektor transportasi dan telekomunikasi. Namun, dengan kondisi dibawah tekanan inflasi yang begitu tinggi, Pemprov Kaltara bersama TPID yang ada berhasil menekan inflasi.

“Pertumbuhan perekonomian juga terus membaik dari tahun ke tahun. Bahkan selalu di bawah rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional,” tuturnya.

Dari semua itu, yang terutama adalah penatakelolaan keuangan. Ini dapat dilihat dari capaian Opini WTP atas LKPD selama 5 tahun berturut-turut sejak 2014. Teranyar, kata dia,  Kaltara juga berhasil meraih LHE SAKIP 2019 BB. Hasil ini mengalahkan provinsi induk, Kaltim yang meraih LHE SAKIP 2019. Pengelolaan anggaran diprioritaskan kepada program dan kegiatan yang bermanfaat. Seperti penyediaan SOA untuk barang dan penumpang, pemberian insentif guru, bantuan rehab rumah bagi warga kurang mampu, dan lainnya.

Terakhir sambung dia, atas nama Pemprov dan masyarakat Kaltara memohon dukungan dan konsistensi kontribusi dari BI. Terus terang, kehadiran BI sejauh ini mampu memperkuat kondisi Rupiah di Kaltara, utamanya perbatasan.

Rupiah kini cukup menguasai perdagangan di wilayah Kaltara, tak terkecuali perbatasan. “Perwakilan BI Kaltara juga telah menjalankan fungsi dan peranannya sebagaimana peraturan perundangan yang berlaku. Dan, Pemprov Kaltara akan terus mendukung keberadaannya untuk memajukan Kaltara juga Indonesia,” tuntas Irianto.

DPMPTSP Kaltara

Pelayanan DPMPTSP Provinsi Kalimantan Utara

  • Senin - Kamis :
  • Jum'at :
  • Sabtu - Minggu :
Publikasi
Comments
Lokasi
  • Alamat Kantor

    Jalan Rambutan
    Gedung Gabungan Dinas II (Lantai 1) Tanjung Selor, Provinsi Kalimantan Utara

  • Telepon Kantor / HP

    (0552)2029748 / (+62)85245809820

  • Email

    dpmptsp.provkaltara@gmail.com

Visitor
Copyright © 2018 Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kalimantan Utara