Artikel

Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana, Sudjati: Penanganan Bencana Tanggungjawab Bersama

admin Artikel

TANJUNG SELOR – Kabupaten Bulungan termasuk daerah rawan bencana seperti bencana banjir, tanah longsor, puting beliung, gelombang pasang, karhutla (kebakaran hutan dan lahan) serta
kekeringan.

Bupati Bulungan, H Sudjati, SH berpesan segenap unsur daerah meningkatkan kesiapsiagaan untuk mengurangi dampak maupun timbulnya korban jiwa, korban jiwa maupun kerusakan infrastruktur.

“Penanganan bencana adalah tanggungjawab kita semua yaitu pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha, termasuk akademisi dan media massa,” ucap Bupati saat memimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana di halaman Kantor Bupati Bulungan pada Kamis (30/1).

Diungkapkannya, pada tahun 2015 terjadi banjir yang menenggelamkan 5 kecamatan, yaitu Kecamatan Peso, Peso Hilir, Tanjung Palas Barat, Tanjung Palas dan Tanjung Selor, dan terjadi pada setiap tahun meski dengan intensitas rendah dan sedang sampai tahun 2019 yang lalu.

Kemudian bencana Karhutla yang terjadi pada tahun 2019 sebanyak lebih kurang 54 kejadian, di Kecamatan Tanjung Selor, Tanjung Palas Timur dan Tanjung Palas Utara. Ada pula kekeringan air pada 3 desa di Tanjung Palas Utara selama hampir 2 bulan yaitu Desa Kelubir, Desa Ruhui Rahayu dan Desa Ardimulyo.

Bupati pun menyampaikan terimakasih kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bulungan yang melaksanakan kegiatan apel untuk meningkatkan kesiapsiagaan seluruh unsur masyarakat serta menanamkan motto “Bencana Tanggung Jawab Bersama”.

“Masyarakat perlu waspada ancaman apa yang akan terjadi di daerahnya, dan perlu mempelajari apa yang harus dilakukan jika terjadi bencana,” pesan Bupati.

Dilanjutkan, sosialisasi dan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi bencana perlu sering dilakukan, serta pentingnya penanaman vegetasi, menjaga alam dengan cara menanam kembali pohon-pohon juga dapat mengurangi risiko akibat bencana, serta sadar kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

DPMPTSP Kaltara

Pelayanan DPMPTSP Provinsi Kalimantan Utara

  • Senin - Kamis :
  • Jum'at :
  • Sabtu - Minggu :
Publikasi
Comments
Lokasi
  • Alamat Kantor

    Jalan Rambutan
    Gedung Gabungan Dinas II (Lantai 1) Tanjung Selor, Provinsi Kalimantan Utara

  • Telepon Kantor / HP

    (0552)2029748 / (+62)85245809820

  • Email

    dpmptsp.provkaltara@gmail.com

Visitor
Copyright © 2018 Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kalimantan Utara