Artikel

RSUD Tanjung Selor, Terapkan Antrean Online

admin Artikel

BULUNGAN– Salah satu upaya dalam rangka mewujudkan pelayanan yang praktis kepada masyarakat, RSUD Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor, memperkenalkan layanan dengan cara yang mudah. Layanan itu disebut daftar online.

Calon pasien dapat mendaftarkan dirinya dengan mendapatkan nomor antrean via aplikasi pesan singkat WhatsApp.

Wujud nyata inovasi di awal tahun 2020 ini berdasarkan kajian, dengan melihat semakin meningkatnya calon pasien yang berharap mendapat layanan kesehatan di rumash sakit. Sehingga muncul inovasi bagaimana cara melayani pasien tanpa harus menunggu antrean yang panjang dan bertumpuk di ruang tunggu.

“Ini salah satu upaya dari rumah sakit untuk mempermudah pelayanan kepada pasien agar tidak lama lagi dalam mengantre. Selama ini juga kami memikirkan untuk membuat pelayanan lebih mudah dan cepat kepada masyarakat” ujar Kepala Bidang Pelayanan Kemedikan, RSUD Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor, Widia saat dikonfirmasi Koran Kaltara, Jumat (24/1/2020).

Untuk mengakses layanan online ini, dapat dilakukan satu hari sebelumnya. Kemudian petugas rumah sakit akan mempersiapkan berkas yang dibutuhkan calon pasien.

Widia tidak memungkiri inovasi ini merupakan salah satu upaya RSUD demi meningkatkan mutu dan kualitasnya. Termasuk juga mencapai akreditasi B. “Ide ini sudah lama kami pikirkan. Hanya saja banyak kendala yang kami alami, di antaranya sarana prasarana, tenaga pendukung, dan lain-lain,” sebutnya.

Dalam pelayanan daftar online ini, jelas dia,  idealnya personel atauy petugas admin yang dibutuhkan yakni dua atau tiga orang. Meski terbilang sederhana, tapi dirinya meyakini dengan mendaftar online cukup membuat masyarakat terbantu, terlebih dari sisi efektivitas waktu.

“Uji coba pelayanan online ini baru kami adakan beberapa hari lalu. Yang mengakses dalam satu hari, kadang lima sampai enam orang, karena belum banyak yang mengetahui. Sosialisasi sejauh ini dilakukan lewat media grup, personal dan banner yang dipajangkan di raung antre pasien

DPMPTSP Kaltara

Pelayanan DPMPTSP Provinsi Kalimantan Utara

  • Senin - Kamis :
  • Jum'at :
  • Sabtu - Minggu :
Publikasi
Comments
Lokasi
  • Alamat Kantor

    Jalan Rambutan
    Gedung Gabungan Dinas II (Lantai 1) Tanjung Selor, Provinsi Kalimantan Utara

  • Telepon Kantor / HP

    (0552)2029748 / (+62)85245809820

  • Email

    dpmptsp.provkaltara@gmail.com

Visitor
Copyright © 2018 Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kalimantan Utara