Potensi dan Peluang Investasi

Komoditi Rumput Laut Tarakan

admin Potensi dan Peluang Investasi

Lokasi budidaya rumput laut ini terletak di Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur. Jumlah pembudidaya rumput laut di Kota Tarakan sendiri sangat banyak, namun jumlah pastinya belum ada karena tidak ada pendataan yang valid.

Secara teknis, produksi rumput laut tergantung berapa tali yang digunakan oleh pembudidaya rumput laut ini. Biasanya 100 tali bisa menghasilkan produksi mencapai 1 ton rumput laut. Bahan baku sesuai dengan potensi alam kelautan di Kota Tarakan.

Menurut informasi masyarakat setempat pemasaran rumput laut sendiri agak sulit. Biasanya yang memasarkan komoditi ini adalah pemborong/tengkulak. Mereka membeli dan kemudian mengekspornya secara domestik de daerah lain di Indonesia seperti Surabaya, Sulawesi, dan Jakarta.

Pasar komoditi ini di luar Kota Tarakan sangat tinggi. Tenaga kerja yang dapat diserap dari usaha ini juga sangat besar, khususnya dalam memberdayakan masyarakat setempat yang tinggal di wilayah pesisir laut.

Berbicara kualitas rumput laut di Tarakan jauh lebih baik daripada di Sulawesi, bahkan yang terbaik di Indonesia. Prospek komoditi rumput laut di Tarakan jika dikembangkan dengan standar kualitas yang baik dan manajemen kerja yang profesional akan berpeluang untuk mengisi pasar ekspor luar negeri. Produk rumput laut sangat dibutuhkan sebagai bahan baku utama untuk produk pangan, kosmetik, farmasi/obatan, dan industri pesawat terbang.

Total produk turunan yang dapat dibuat dari rumput laut mencapai 500-an jenis. Beberapa industri rumput laut besar ada di Perancis dan Jerman. Mengacu pada prospek permintaan dan semakin tingginya kesadaran konsumen akan makanan sehat, membuat prospek rumput laut ini dalam memberdayakan perekonomian Kota Tarakan.

Follow by Email
Facebook
Facebook
INSTAGRAM
DPMPTSP Kaltara

Pelayanan DPMPTSP Provinsi Kalimantan Utara

  • Senin - Kamis :
  • Jum'at :
  • Sabtu - Minggu :
Lokasi
Visitor